Variasi skenario pembelajaran sangat perlu untuk menghadirkan proses belajar yang menarik, menyenangkan namun efektif, dengan memanfaatkan ruang kelas, halaman sekolah, dan lingkungan di luar sekolah. Skenario pembelajaran ini pernah diterapkan di SD Pelita, SD Fabrian School, SD Perjuangan, dan SMP Perjuangan Depok.
Skenario pembelajaran "mencari soal" ini pernah penulis praktikkan untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, IPS, PPKn, dan Matematika.
Inti dari skenario ini, setelah guru memberikan prolog dan pemanasan, kemudian siswa dibuat menjadi beberapa kelompok. Selanjutnya guru memberikan dua carik kertas kepada masing-masing kelompok untuk dituliskan soal atau pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang sudah atau baru saja diajarkan, satu pertanyaan untuk satu carik.
Setelah soal selesai dibuat, soal-soal tersebut dikumpulkan. Guru kemudian memberikan tugas pendahukuan yang dapat diselesaikan dalam waktu 5-6 menit, untuk memberi waktu bagi guru menempatkan tiap-tiap carik soal di tempat tersembunyi, misalnya ditempel di tembok, ditaruh di bawah pohon, dsb. yang berada di luar ruang kelas.
Sebelum siswa dibawa keluar ruang kelas, siswa diberi arahan tentang apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan. Setelah siswa memahami, kegiatan mencari soal dilakukan. Guru hanya mengawasi saja.
Setiap kelompok harus menemukan seluruh soal : menyalin, mengembalikan soal ke tempat semula, kemudian langsung menjawabnya secara kerjasama.
Setelah batas waktu habis, guru mengumpulkan seluruh jawaban siswa untuk dibahas.
Nilai-nilai yang dikembangkan dalam pembelajaran seperti ini
1. Menanamkan persepsi pada siswa bahwa belajar adalah hal yang menyenangkan.
2. Belajar efektif pemecahan masalah.
3. Mengembangkan keterampilan sosial kerjasama kelompok.
4. Menanamkan kejujuran dan sportifitas.
________

Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan tulis komentar pada space yang tersedia. Komentar akan muncul setelah disetujui Admin.